Berita

Perayaan Gawia Nibakng “Nyobeng” Dayak Bidayuh Sebujit 2024, Sekda Kabupaten Bengkayang Apresiasi Masyarakat Adat Dalam Mempertahankan Warisan Budaya Nasional

Bengkayang – Perayaan tahunan Gawia Nibakng atau yang familiar disebut “Nyobeng” tahun ini masih menjadi daya tarik masyarakat, baik lokal, nasional, hingga mancanegara. Hal ini terlihat dari ramainya para pengunjung yang hadir dipagelaran budaya masyarakat Dayak Bidayuh Sebujit di Desa Hli Buei Kecamatan Siding.

Dalam acara seremonial berlokasi di Halaman Rumah Adat Baluk pada Sabtu (15/06/2024), Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang Yustianus, S.E., M.M yang dalam hal ini mewakili Bupati Bengkayang mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan maupun pengunjung serta mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja keras untuk menyiapkan acara ini sehingga berjalan lancar, aman, dan sukses.

Sekda Kabupaten Bengkayang dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap terus mendukung dan mempromosikan kekayaan budaya masyarakat Dayak Bidayuh. “Perayaan hari ini menjadi ajang untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal dalam hal pemeliharaan identitas budaya, penghormatan terhadap warisan leluhur serta adat istiadat. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan mempromosikan kekayaan masyarakat budaya Dayak Bidayuh Sebujit yang kita nikmati hari ini.” Ajak Yustianus, S.E., M.M.

“Saya sangat mengapresiasi upaya masyarakat adat dalam menjaga dan memelihara warisan budaya mereka. Seperti Struktur Rumah Adat Baluk Sebujit Dayak Bidayuh yang diakui secara nasional sebagai warisan budaya tak benda oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan nomor 3040/FA/KB 09.06/2022, Jakarta, 21 Oktober 2022.” Terang Sekda Kabupaten Bengkayang.

Sebagai informasi, Perayaan Gawia Nibakng atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nyobeng merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada leluhur dan ritual adat sebagai rasa syukur atas panen berlimpah dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan berkah yang telah diberikan kepada masyarakat.

Selama berlangsungnya acara, seluruh masyarakat yang berada di Desa Hli Buei Kecamatan Siding merayakan dengan cara menjamu para sanak saudara maupun pengunjung yang hadir dengan makanan dan minuman khas warga Adat Dayak Bidayuh Sebujit di rumah masing – masing. Masyarakat Desa Hli Buei yang terkenal ramah ini juga mempersilakan menginap dirumah mereka jika ada turis luar yang ingin bermalam disana.

Turut hadir dalam acara seremonial Gawia Nibakng “Nyobeng” Dayak Bidayuh Sebujit 2024 yaitu Amrullah M. Ridha S.Sos., Msc., Asdep Infrastruktur BNPP merangkap Pj. Bupati Buton Tengah Sulewesi Tenggara; Forkopimda Kabupaten Bengkayang; Anggota DPRD Prov. Kalbar; Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang; MADN; Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XII Kalbar; Sekretaris DAD Kabupaten Bengkayang; Kepala OPD se – Kabupaten Bengkayang; Camat Siding selaku tuan rumah; Para Camat se- Kabupaten Bengkayang; Forkopimcam Siding; serta Pemuka Adat dan Tokoh Masyarakat se – Kabupaten Bengkayang. (Diskominfo Bengkayang/FM/RT)

Ngarantek Sawa’ Bahu Ke-VIII Kecamatan Lumar Sukses di Gelar

Bengkayang – Event Budaya Ngarantek Sawa’ Bahu ke-8 Kecamatan Lumar yang di gelar pada 9 Juni sampai dengan 10 Juni 2024 sukses terselenggara di Ramin Adat Banua Lumar

Hadir dalam Event Budaya ini Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat; Wakil Bupati Bengkayang; Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkayang dan Anggota; Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang; Forkopimda Kabupaten Bengkayang; Bupati Kedua Kabupaten Bengkayang; DAD Kabupaten Bengkayang; Kepala Banua Se-Kabupaten Bengkayang; Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkayang; Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang; Camat Lumar; Kepala Desa, Dusun serta Kepala Adat Kecamatan Lumar; serta Organisasi Kepemudaan dan Kemasyarakatan.

Dalam tradisi orang dayak, khususnya Bakati’ Lumar, kegiatan Ngarantek Sawa’ Bahu yang pada hakekatnya merupakan ungkapan syukur dan permohonan kepada Tuhan yang maha kuasa agar memperoleh petunjuk, perlindungan serta berkat dalam memulai tahun yang baru yang artinya Ngarantek Sawa’ Bahu ini adalah tutup dan mulai tahun tanam yang baru.

Tema yang dipilih tahun ini yaitu “Penguatan Adat dan Budaya Dayak Melalui Sektor Pertanian., Ite Maseh Ba Uma.” Dimana tema ini sebagai langkah maju dalam memanfaatkan sektor pertanian, dengan memanfaatkan sebaik mungkin sarana pertanian yang ramah akan lingkungan serta bijak dalam menjaga keseimbangan alam.

Tatangan terbesar masyarakat Dayak diera kemajuan teknologi sekarang ini adalah bagaimana generasi muda dapat memelihara adat dan budaya yang ada dan berperan aktif dalam pembangunan nasional. Untuk itu Sebastianus Darwis, S.E.,M.M Bupati Bengkayang berpesan “jangan hanya berpuas diri menjadi pengguna akhir teknologi, tetapi mulailah mengambil peran yang lebih luas lagi dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip moral dan etika yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita”.

Jika dinegara lain Budaya sudah dijadikan sebagai ” Senjata Perang” Maka itu kita sebagai masyarakat yang berbudaya kita jadikan Budaya ini sebagai benteng pertahanan dari ancaman budaya lain yang bisa merusak budaya kita, dengan kita menjadikan budaya dan adat kita dapat membuat perubahan sosial yang signifikan bagi masyarakat adat kita sendiri. Tambahnya. (Diskominfo Bengkayang/LR/FM/RT)

Bupati Bengkayang Meraih Anugerah IMI Kalimantan Barat Award Tahun 2023

Pontianak – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M menerima Anugerah IMI Kalbar Award Tahun 2023 , sebagai ” TOKOH OTOMOTIF KALIMANTAN BARAT” pada Sabtu 8 Juni 2024.

Bertempat di Hotel Transera Pontianak, Penghargaan ini diberikan berkat kontribusinya sebagai Kepala Daerah yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan kegiatan otomotif khususnya di Kabupaten Bengkayang serta dalam mendukung dan mensupport kegiatan IMI Kalbar. (Prokopim Kabupaten Bengkayang)

Kerajinan Tangan Dari Rotan Khas Jagoi Babang

Bengkayang – Sudah berapa tahun ini kerajinan Tangan berbahan dasar rotan khas Jagoi Babang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara seperti Malaysia yang memang jarak nya dari Kecamatan Jagoi Babang tidak terlalu jauh.

Kerajinan tangan ini di produksi oleh pengerajin dari “Koperasi Produsen Bung Topui Labag Luag” Kecamatan Jagoi Babang.

Ada banyak bentuk kerajinan anyaman berbahan dari rotan dan kulit kayu ini seperti Bidai, Bakul, Takin, Tas, Keranjang, Pungki, serta aneka kerajinan anyaman lainnya yang telah di produksi.

Bapak Supardi selaku salah satu pengurus Koperasi ini menjelaskan pelanggannya hingga ke Malaysia. “Kita dalam hal kerajinan anyaman dari rotan ini sudah mulai beberapa tahun ini, dan kita juga sudah mendapatkan pelangan dari masyarakat lokal maupun Malaysia, ada yang datang langsung dan ada juga pesan kepada kami.” Ucapnya.

Bertepatan dengan Gawia Sowa tahun ini, kerajinan yang dikelola Koperasi Produsen Bung Topui Labag Luag punya kesempatan memamerkan dan memasarkan produk-produk mereka kepada wisatawan.

Bapak Supardi juga menyampaikan harapan kedepan terkait produk yang sedang digarapnya. “Kami berharap produk-produk kami dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi, dan dalam kesempatan ini melalui Event Gawia Sowa orang lebih banyak tau atau mengenal produk kami.” Tambahnya. (Diskominfo Bengkayang/RT)

Puncak HUT ke-22 GOW, Bupati Tekankan GOW Harus Tetap Eksis

Bengkayang – Puncak Hari Ulang Tahun ke-22 Gabungan Organisasi Wanita (GOW) tahun 2024 resmi di buka oleh Sebastianus Darwis, S.E.,M.M Bupati Bengkayang pada hari Selasa (04/06/2024) di Aula Rangkaya Kantor Bupati Bengkayang.

Turut hadir dalam HUT ke-22 GOW tahun 2024 ini, Wakil Bupati Bengkayang Bapak Drs. H. Syamsul Rizal; Forkopimda Kabupaten Bengkayang; Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang; Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkayang yang juga Ketua Dewan Penasehat GOW Kabupaten Bengkayang; Ketua DWP Kabupaten Bengkayang; Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang; serta Ketua-ketua Organisasi Wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Bengkayang dan jajarannya.

Sebastianus Darwis,S.E.,M.M Bupati Bengkayang dalam membuka HUT ke-22 GOW menekankan agar “GOW harus tetap eksis, karenanya pemantapan Organisasi Dalam Memperkenalkan Identitas diri harus terus dilakukan dan dipertegas dan diletak pada arah paling tinggi tanpa harus melupakan kodratnya sebagai wanita, yang sehingga akan terciptannya pula wanita-wanita yang tangguh dan hebat, maju, adil, sejahtera, berkahlak dan berbudaya. Ungkapnya.

Bupati juga berharap dalam mewujudkan SDM berkualitas GOW memiliki peran yang sangat sentral dalam melakukan pembinaan kepada generasi muda yang rentan terhadap barang berbahaya seperti narkoba yang mengancam SDM berkualitas. Tambahnya.

Dengan mengangkat tema “GOW Bergerak Bersama Wujudkan Perempuan Berdaya, Untuk Bengkayang Maju”, ketua GOW Kabupaten Bengkayang Ibu Dra. Hj. Yulianti Syamsul Rizal dalam sambutannya mengatakan GOW adalah wadah Organisasi Kemasyarakatan Perempuan yang mandiri serta memiliki tujuan yang sejalan dengan pembangunan Pemerintah diberbagai bidang yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat seiring juga dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan anggota GOW.

Ny. Anita Sebastianus Darwis, S.E.,M.M Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkayang yang juga Ketua Dewan Penasehat GOW Kabupaten Bengkayang dalam pidatonya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada segenap pengurus dan anggota GOW Kabupaten Bengkayang atas upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini sehingga GOW Kabupaten Bengkayang tetap eksis. Imbuhnya.

Selanjutnya dalam rangkaian HUT ke-22 GOW tahun 2024 ini dibukanya Seminar dengan tema “Perlindungan Perempuan dan Anak Dalam Upaya Pencegahan Stunting” Yang di ikuti peserta dari seluruh Oragnisasi Wanita se-Kabupaten Bengkayang. (Diakominfo Bengkayang/RT)

Dibuka Oleh Restog Krisna, Gawia Sowa Dayak Bidayuh Kaum Bijagoi Tahun 2024 Sukses Digelar.

Bengkayang – Staf Ahli Menteri Bidang Inovatif dan Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Bapak Restog Krisna didampingi Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M buka Gawia Sowa Dayak Bidayuh Kaum Bijagoi Jagoi Babang pada Senin (03/06/2024) di Kampung Budaya, Bung Kupuak Jagoi Babang.

Hadir dalam kegiatan ini Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Asisten 2 perekonomian dan pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat bapak Drs. Ignasius IK, SH.,M.Si; Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat; Wali Kota Pontianak dan Singkawang atau yang mewakili; Bupati Landak, Sambas, Mempawah, Kubu Raya atau yang mewakili; Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat; Kepala Balai Wilayah Kemendikbud wilayah kerja Kalimantan Barat; Direktur Telkom Wilayah Kalimantan Barat; Tim Indonesia Ecotourism Network; Kepala BI Perwakilan Kalbar; Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang; Forkopimda Kabupaten Bengkayang; Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang; Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang; Camat Jagoi Babang; Camat Seluas; Kepala PLBN Jagoi Babang; Ketua DAD Kabupaten Bengkayang; Ketua DAD Kecamatan Jagoi Babang; Pemuka Adat, Agama, tokoh masyarakat serta Kepala Desa; Kepala Kampung Serikin Malaysia; Kepala Binua Dayak Bidayuh Bijagoi serta seluruh masyarakat adat Dayak Bidayuh Kampung Budaya Bung Kupuak Jagoi Babang.

Perayaan Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi, Jagoi Babang merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada leluhur yang telah mendirikan Kampung ini sejak beberapa tahun yang lalu. Perayaan ini juga merupakan bentuk syukur dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan berkahNya.

Disamping itu perayaan ini juga menjadi ajang untuk melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal, seni budaya dan tradisi leluhur masyarakat Dayak Bidayuh khususnya kaum Bijagoi.

Bapak Sebastianus Darwis, S.E., M.M Bupati Bengkayang mengapresiasi dan mengagumi semangat dan kebanggaan Kaum Bijagoi dalam menjaga dan memelihara serta memperlihatkan kekayaan Budaya mereka pada dunia.

Karena budaya ini juga merupakan salah satu daya tarik yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Bengkayang, dan tentu hal ini membawa dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkayang.

Terbukti saat ini dilaksanakan ada lebih dari 1000 wisatawan dari Malaysia datang untuk menyaksikan Gawia Sowa Internasional Cross Border Tourism Event Dayak Bidayuh Bijagoi ini.

Sebastianus Darwis, S.E., M.M juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk menjaga toleransi di Kabupaten Bengkayang. “Kerukunan, toleransi dan persatuan di tengah keberagaman suku, agama dan budaya yang ada didaerah kita, bahwa dengan bersatu padu kita dapat mencapai visi kita yaitu Bengkayang Maju, Unggul dan Berdaya Saing,” ajaknya. (Diskominfo Bengkayang/RT)

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Bengkayang – 1 Juni 2024 merupakan hari spesial bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Pasalnya di tanggal tersebut merupakan Hari Lahir Pancasila, ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Bengkayang dalam hal ini memperingati Harlah Pancasila 2024 dengan menyelenggarakan Ucapara di Halaman Kantor Bupati Bengkayang, 1 Juni 2024.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M selaku Inspektur Upacara menyampaikan Pancasila diharapkan menjadi filter bangsa Indonesia. “Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.” Ucap Bupati Bengkayang.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.” Tutup Bupati Bengkayang. (Diskominfo Bengkayang/FM)

Bengkayang meraih Opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2023

Pontianak – Bertempat di Aula Gedung BPK-RI Perwakilan Kalimantan Barat, telah dilaksanakan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2023 di Kalimantan Barat. Laporan hasil pemeriksaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Kalimantan Barat Wahyu Priyono, S.E. M.M., Ak. CA., CSFA dan diterima langsung oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M dan Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Fransiskus, M.Pd. Jumat (31 Mei 2024)

Turut hadir juga pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023 ini Bupati/Walikota Se-Kalimantan Barat, Para Ketua DPRD Kab/Kota, Sekda Kab. Bengkayang Yustianus, S.E., M.M, Inspektur kab. Bengkayang A.F Romy, S.STP., M.Si, Sekretaris DPRD Kab. Bengkayang Bernadetha, S.H., M.H, Plt. Kaban BPKAD Kab. Bengkayang Yakobus, S.Sos., M.Si. serta tamu undangan lainya.

Pada kesempatan ini Bupati Bengkayang mewakili seluruh Kepala Daerah se- Kalimantan Barat menyampaikan rasa syukur dapat bersama-sama menghadiri acara penyerahan hasil audit BPK RI atas LKPD Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023 di Kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat.

Selanjutnya Bupati Sebastianus Darwis juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim BPK RI Perwakilan Kalbar yang telah melaksanakan tugasnya terutama Audit, Rekomendasi dan Opini, dimana semua proses ini merupakan arah atau pedoman bagi kita semua dalam mengelola keuangan Daerah mulai aspek perencanaan, pengganggaran, penatausahaan sampai pada penyusunan LKPD dengan hasil yang akan diterima hari ini. (Prokopim Kabupaten Bengkayang)