Rakor Bunda PAUD Kecamatan dan Sosialisasi Transisi PAUD Ke SD Kabupaten Bengkayang Tahun 2023

Rakor Bunda PAUD Kecamatan dan Sosialisasi Transisi PAUD Ke SD Kabupaten Bengkayang Tahun 2023

Bengkayang – Dalam rangka mensosialisasikan Transisi PAUD ke SD di wilayah Kabupaten Bengkayang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang menggelar Rakor Bunda PAUD Kecamatan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten, Jumat, 15 September 2023.

Kegiatan Sosialisasi PAUD ke SD adalah program Pemerintah Kemendikbudristek yang telah meluncurkan Merdeka Belajar Ke-24 yaitu Gerakan “Transisi PAUD – SD yang Menyenangkan”. Gerakan ini merupakan respon serius Pemerintah menyikapi banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya masuk kelas 1 SD tanpa mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau situasi dimana pada masa PAUD anak sudah difokuskan untuk memiliki kemampuan CALISTUNG (BACA TULIS HITUNG).

Respon dari Pemerintah Kabupaten Bengkayang dalam hal tersebut yaitu mengajak Bunda PAUD Se-Kabupaten dan Lintas Sektor Pemerintah di Kabupaten Bengkayang untuk berkomitmen dalam mendukung program Transisi PAUD Ke SD di Sosialisasi ini.

Ketua Bunda PAUD Kabupaten Bengkayang, Anita Sebastianus Darwis, S.E., M.M mengajak Bunda PAUD Kecamatan untuk melakukan aksi demi mendukung kebijakan Pemerintah dalam memonitoring diwilayah masing-masing. “Saya berharap kepada Istri Camat selaku Bunda PAUD Kecamatan supaya melakukan monitoring ke PAUD di wilayah Kecamatannya. Mari dukung kebijakan ini, dan jangan merampas hak anak kita untuk memperoleh kemampuan fondasi mulai dari jenjang PAUD sampai SD kelas awal,” harap Ketua Bunda PAUD Kabupaten Bengkayang.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan 3 target perubahan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. “Adapun 3 target yang dimaksud yaitu , Pertama menghilangkan Tes CALISTUNG dari proses penerimaan peserta didik baru pada Pendidikan Dasar. Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama. Dan ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun 6 (Enam) kemampuan fondasi anak yang dibangun secara kontinyu dari PAUD hingga kelas 2 (Dua) pada Pendidikan Dasar,” jelas Bupati Bengkayang.

Dalam Rakor dan Sosialisasi ini dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono, SKM, M.KM, Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Bengkayang, Pengurus Pokja Bunda PAUD Kabupaten maupun Kecamatan. (Diskominfo Bengkayang/FM)